Tentukan Jenis Alat Musik yang Diasah Membran di Sini!

Bagaimana menjawab soal tentukan jenis alat musik yang diasah membran di sini? Bagi murid SMA kelas IX, pertanyaan berikut dapat ditemukan pada pelajaran Seni Budaya.

Seperti yang diketahui, terdapat beberapa macam instrumen yang dibedakan berdasarkan cara mainnya. Lalu, apa alat musik yang dimainkan dengan mengasah membran?

Pertanyaan:

Tentukan jenis alat musik yang diasah membran!

a. gitar, piano, keyboard

b. perekam, piano, terompet

c. drum, gong, gamelan

d. snare drum, rebana, drum

Jawaban:

Jawabannya yaitu D. snare drum, rebana, drum. Ketiga alat ini merupakan membranofon, yang dimainkan dengan cara menepuk selaput untuk mengeluarkan bunyi.

Untuk pilihan A. gitar, piano, keyboard merupakan jawaban yang salah. Gitar dan piano merupakan jenis chordofon, sedangkan keyboard adalah contoh alat musik elektrofon.

Lalu pilihan B. perekam, piano, terompet juga bukan jawaban tepat. Perekam atau recorder serta terompet merupakan jenis aerofon, sedangkan untuk piano yaitu chordofon.

Terakhir, pilihan C. drum, gong, dan gamelan masih bukan jawaban benar. Hal ini dikarenakan gong dan gamelan termasuk jenis idiofon, sedangkan hanya drum yang membranofon.

Pembahasan Mengenai Snare Drum, Rebana, dan Drum

Tiga instrumen yang disebutkan pada jawaban di atas merupakan contoh dari yang dinamakan sebagai membranofon. Sesuai namanya, jenis alat musik ini berfokus pada membran.

Adapun bunyi yang dikeluarkan tidak seperti instrumen melodis, karena pada dasarnya membranofon digunakan untuk keperluan ritmis. Jadi, suaranya hanya non-ritmik.

Salah satu yang termasuk dalam membranofon yaitu drum, karena hanya digunakan sebagai perkusi. Begitu juga dengan snare drum yang disebutkan tadi.

Meski instrumen jenis membranofon memiliki wujud besar, namun ada juga alat musik yang kecil. Misalnya seperti rebana, yang juga memiliki selaput membran namun dapat digenggam.

Di Indonesia, membranofon yang tertua yaitu gendang atau kendhang. Alat musik ritmis ini dibunyikan dengan menepuk bagian membran pada alat tersebut, untuk mengatur irama.

Karena itu, dipastikan bahwa jawaban soal tentukan jenis alat musik yang diasah membran di sini adalah yang D. Untuk mengetahui lebih dalam tentang membranofon, simak penjelasan berikut:

Kriteria Alat Musik Membranofon

Tidak semua instrumen yang ada saat ini dapat dikategorikan sebagai membranofon. Berikut beberapa kriteria yang harus ada pada alat musik dengan kategori membranofon:

  • Memiliki selaput membran di salah satu permukaannya. Ini diperlukan agar instrumen tersebut dapat menghasilkan getaran yang memicu bunyi.
  • Memiliki satu atau dua suara yang serupa. Hal ini dikarenakan membranofon bukan instrumen melodis, sehingga hanya digunakan sebagai perkusi.
  • Memiliki permukaan yang lepes untuk ditambahkan selaput membran. Hal ini dibuat supaya saat ditepuk, getaran kulit dapat terdengar sempurna.
  • Dimainkan dengan cara ditepuk. Baik untuk instrumen ukuran besar, dapat dipangku, serta dapat digenggam, semuanya hanya bersuara dengan tepukan.

Adapun seluruh syarat yang disebutkan terbukti ada pada snare drum, rebana, dan drum. Jawabannya sudah sesuai dengan soal tentukan jenis alat musik yang diasah membran di sini.

Contoh Alat Musik Membranofon Lainnya

Selain snare drum, rebana, dan drum, banyak juga contoh instrumen membranofon lainnya yang diciptakan di daerahnya masing-masing. Berikut contoh alat musik membranofon:

  • Tifa, yakni alat musik membranofon dari Maluku serta Papua. Dianggap sebagai membranofon karena permukaannya diselimuti selaput kulit.
  • Tambua, yaitu alat musik ritmis asal Minangkabau. Dibuat dengan kayu yang diberi lubang, lalu dua sisi permukaan ditutupi kulit kambi yang dikeringkan.
  • Gendang, merupakan instrumen membranofon berbentuk tabung dari material kayu. Lalu kedua sisinya dilapisi kulit sapi, dimana perlu ditepuk untuk mengeluarkan suara.

Demikian penjelasan mengenai soal tentukan jenis alat musik yang diasah membran di sini. Meski hanya sekedar pengatur ritme suara, kehadirannya tetap dibutuhkan dalam pentas musik.

Tinggalkan komentar