Jenis Cat yang Digunakan untuk Mengilapkan Kerajinan Tempurung Kelapa Yaitu?

Jenis cat yang digunakan untuk mengilapkan kerajinan tempurung kelapa yaitu? Pertanyaan berikut akan menjadi pembahasan yang perlu dicermati murid untuk mata pelajaran Biologi, sebelum menjawab.

Pada kerajinan seperti kelapa, tentunya banyak macam cat yang dipersiapkan. Lalu, mana yang dipakai untuk proses finishing? Ini yang dibahas dari soal tersebut.

Pertanyaan:

Jenis cat yang digunakan untuk mengilapkan kerajinan tempurung kelapa yaitu?

a. cat minyak

b. cat acrylic

c. cat asturo

d. cat vernis

Jawaban:

Jawabannya yakni D. cat vernis. jenis berikut ini memang dimanfaatkan untuk memberikan hasil permukaan mengkilap. Tidak hanya kerajinan, namun juga lantai kayu.

Untuk pilihan A. cat minyak, jawaban ini bukan termasuk yang benar. Alasannya karena justru cat ini dipakai untuk memberikan warna pada lapisan permukaan kering.

Kemudian, pilihan B. cat acrylic tentu bukan jawaban tepat untuk soal. Alasannya sama seperti opsi A, yaitu karena cat ini digunakan dalam salah satu teknik mewarnai pada lukisan.

Terakhir, opsi C. cat asturo sayangnya tetap jawaban yang salah. Sebab, sebenarnya cat ini juga termasuk akrilik, yang juga digunakan dalam mengecat beberapa media.

Pembahasan Mengenai Cat Vernis

Dalam kerajinan menggunakan tempurung kelapa, umumnya seniman akan perlu mempersiapkan beberapa hal. Salah satunya pemakaian cat vernis sebagai lapisan pengkilap.

Mengapa digunakan dalam proses finishing? Karena vernis memiliki wujud yang tidak berwarna, sehingga hanya dipakai sebagai pengkilap dalam beberapa media, seperti kelapa.

Istilah vernis berasal dari bahasa Latin abad pertengahan “vernix”, dengan arti damar beraroma. Teknik penggunaan cat tersebut diketahui sudah dimulai sejak zaman Mesir kuno.

Cat ini umumnya dibuat dengan menggunakan resin, minyak pengering, dan bahan pelarut. Kombinasi tersebut mampu menghasilkan cairan yang tidak memiliki pigmen, serta transparan.

Penggunaan vernis seringkali diidentikkan dengan permukaan kayu. Alasannya karena untuk menonjolkan ukiran tekstur serat, sehingga tampilannya semakin terlihat indah.

Jadi, jenis cat yang digunakan untuk mengilapkan kerajinan tempurung kelapa yaitu vernis. Untuk pembahasan selanjutnya, mari ketahui fungsi dan jenis-jenisnya berikut:

1. Fungsi Cat Vernis pada Kerajinan

Secara ringkas, penggunaan cairan tanpa pigmen berikut yaitu untuk melapisi permukaan kerajinan berbahan kelapa tersebut. Namun, ada juga fungsi lain yang tidak kalah penting:

Vernis dapat melindungi permukaan objek tertentu dari beberapa faktor perusak. Misalnya kotoran, terik matahari, jamur, bahkan serangga.

Vernis dapat menambah kecantikan hasil kerajinan tersebut. Tampilan tekstur tempurung kelapa akan menjadi lebih cantik dan mengkilap.

Vernis dapat memperkuat tempurung kelapa, sehingga kerajinan menjadi lebih awet. Hasilnya, tampilannya akan tetap bagus sepanjang waktu.

Dengan begitu, maka kehadiran cat vernis akan sangat penting untuk hasil kerajinan berbahan dasar tersebut. Hasil karya tempurung kelapa akan bernilai lebih tinggi dengannya.

2. Produk Cat Vernis yang Dipakai

ini, vernis memiliki dua varian yang sebenarnya bisa dipakai untuk kerajinan berbahan ini. Adapun kedua jenis tersebut yaitu vernis berdasar solvent, dan berdasar air.

Yang umumnya dipakai dalam pengerjaan beberapa media yaitu yang solvent-based. Komposisinya seperti yang dijelaskan tadi, yakni resin, drying oil, thinner, hingga zat pelarut.

Sedangkan pilihan kedua adalah water-based, dimana jenis ini dianggap lebih baik dibandingkan varian solvent. Vernis dengan berdasar air dapat menjadi pilihan alternatif dipakai karena:

  • Lebih mudah kering, dengan kisaran waktu sekitar 20-30 menit.
  • Tidak mudah retak dan bergelembung, sehingga lebih aman untuk kerajinan berbahan dasar kulit kelapa.
  • Tidak ada kecenderungan menguning saat aplikasi finishing selesai.

Apabila disimpulkan, vernis memang merupakan cat finishing untuk melapisi kerajinan tempurung kelapa. Jika ingin membuat karya model ini, maka jangan lupa menyiapkan pelapis tersebut.

Itu dia pembahasan jenis cat yang digunakan untuk mengilapkan kerajinan tempurung kelapa yaitu. Kiranya wawasan tersebut dapat dipakai murid saat menjawabnya.

Tinggalkan komentar