Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, murid dapat menemukan soal informasi dapat diperoleh dengan cara. Pertanyaan ini juga akan diulang kembali dalam ujian atau tes.
Lalu, bagaimana menjawabnya secara tepat? Dan apa alasan dari jawaban benar tersebut? Mengenai pembahasan selengkapnya, akan diulas secara tuntas sebagai berikut.
Pertanyaan:
Informasi dapat diperoleh dengan cara?
a. menonton berita dari televisi
b. menggambar pemandangan
c. bermain bersama teman
d. membersihkan rumah
Jawaban:
Jawabannya A. menonton berita dari televisi, sebab sudah dipastikan jika kehadiran acara tersebut bersifat informatif. Selain televisi, berita juga didapatkan dari media-media lain.
Untuk pilihan B. menggambar pemandangan, jawaban ini jelas salah. Tidak ada informasi yang bisa didapatkan darinya, karena aktivitas ini hanya sebagai hobi yang bermanfaat.
Kemudian pilihan C. bermain bersama teman, ini juga tentunya salah. Meski teman dapat memberikan informasi, namun alangkah lebih baik bila informasi didapatkan dari kanal resmi.
Terakhir, pilihan D. membersihkan rumah juga bukan jawaban yang benar. Selain untuk membuat rumah lebih asri, tidak ada semacam informasi yang diperoleh dari kegiatan ini.
Pembahasan Mengenai Berita
Dalam kehidupan modern, informasi tentang berbagai hal di dunia dapat diperoleh dari berita. Adanya berita akan memberikan wawasan atau pengetahuan kepada audiensnya.
Secara harfiah, berita merupakan kabar atau laporan informatif mengenai hal yang penting. Informasi darinya umumnya perlu disunting terlebih dahulu, sebelum dipublikasikan.
Selain sebagai sumber terpercaya, berita hadir karena rasa keingintahuan manusia. Bisa dibilang, setiap individu memiliki sifat ingin berbagi atau bercerita informasi kepada sesama.
Adapun wawasan yang diberitakan tidak semerta-merta harus kejadian. Saat ini, berita juga mewartakan hal lain seperti dunia hiburan, wawasan kuliner, hingga acara olahraga.
Penyampaian informasi melalui berita dinilai lebih efektif untuk masyarakat. Terutama saat menonton melalui televisi, dimana penyampaiannya lebih singkat, cepat, dan to-the-point.
Singkatnya, informasi dapat diperoleh dengan cara menonton berita. Sampai di sini, masih ada hal lain mengenai informasi berita yang perlu diketahui, yaitu sebagai berikut:
1. Kriteria Informasi dari Berita
Meskipun informasi dari sumber lain termasuk informasi, namun ada yang membuat berita begitu berbeda. Adapun kriteria yang membedakan sumber informatif berita yaitu:
- Bersifat faktual, yaitu sesuai dengan yang ada di lapangan. Informasi yang diperoleh juga bersifat objektif, sehingga bisa lebih dipercaya dibandingkan sumber lain.
- Untuk berita kejadian, informasi meliputi peristiwa yang baru terjadi. Biasanya dalam televisi, pemberitaan tersebut dapat dilakukan secara live.
- Memberikan informasi yang lengkap sampai ke detail. Khususnya bagi data penting mengenai kejadian atau acara yang sedang berlangsung.
- Informasi berasal dari kanal atau sumber yang valid. Karena sudah mengalami penyuntingan, serta pengecekan ulang dari staf yang mewartakan berita.
Selain itu, berita dalam bentuk teks juga umumnya memuat unsur penting 5W+1H. Informasi yang diberikan memiliki waktu, tempat, hingga alur kejadian yang dijelaskan dengan baik.
2. Cara Memperoleh Informasi dari Berita
Meski berita umumnya dapat disimak melalui layar televisi, namun kini sudah tersedia media digital sebagai kanal pemberitaan. Misalnya seperti video atau teks dari situs resmi.
Namun untuk dapat mencerna setiap informasi berita, ada beberapa metode yang perlu dilakukan. Tergantung dari apakah beritanya dalam bentuk tontonan atau teks, caranya yaitu:
- Mendengar/membaca judul atau headline dari berita, guna mengetahui apa yang akan diberitakan.
- Menyimak informasi yang diwartakan dari berita secara cermat, agar memahami poin utama yang dijelaskan.
- Membuat daftar mengenai pertanyaan untuk setiap informasi yang diberitakan.
- Menyimpulkan poin yang disampaikan dari berita yang ditonton/dibaca secara terstruktur.
Jika disimpulkan, berita dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat dalam kehidupan. Asalkan, audiens dapat memahami atau mengerti akan hal yang disampaikan.
Begitulah pembahasan dari soal informasi dapat diperoleh dengan cara. Secara tidak langsung, murid juga sudah mendapatkan informasi dari sini, mengenai jawaban soal tersebut.