Ekspresi yang Tepat Untuk Membacakan Berita Diatas Adalah?

Salah satu soal Bahasa Indonesia yaitu ekspresi yang tepat untuk membacakan berita diatas adalah. Biasanya disajikan sebuah teks berita. Kemudian diminta menunjukkan ekspresi sesuai.

Pertanyaan seperti itu umumnya ditampilkan dalam pilihan ganda. Siswa diharuskan memilih satu jawaban yang tepat berdasarkan jenis teks berita. Seperti inilah penjelasannya.

Soal

Galeri Indonesia Kaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih dekat dengan tari tradisional yang dikemas secara modern dalam Indonesia Menari 2016. Acara tahunan yang digelar untuk ke-5 kalinya ini dilakukan serentak di delapan titik indoor yang tersebar di Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (20/11/2016).

Sebanyak 1.500 orang yang terdiri atas perorangan, komunitas anak muda, sanggar tari, komunitas pecinta tari, sekolah, dan universitas di Jakarta akan menari bersama dan menunjukkan kemampuan mereka dalam memperebutkan total hadiah senilai Rp150 juta. Tidak hanya penari, Indonesia Menari 2016 juga diikuti oleh masyarakat, dari berbagai profesi, seperti perawat, teknisi, fisioterapis, hingga analis maskapai penerbangan.

Ekspresi yang tepat untuk membacakan berita diatas adalah….

A. Bersemangat

B. Berempati

C. Bersimpati

D. Berduka

Jawaban

Melihat kesesuaian dengan isi berita, maka jawaban yang benar adalah A. Teks tersebut menunjukkan sebuah informasi membanggakan. Karenanya paling tepat dibaca secara bersemangat.

Pembahasan

Berita merupakan sebuah cerita yang menampilkan peristiwa maupun kejadian hangat dan faktual. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat bab yang membahasnya. Termasuk cara membacanya.

Dalam menyampaikan berita, ada hal penting untuk diperhatikan. Paling utama yaitu ekspresi pembacanya. Mimik wajah harus sesuai dengan isi yang disampaikan.

Berikut akan diterangkan mengapa ekspresi itu penting saat menyampaikan sebuah berita. Selain itu diberikan beberapa ekspresi dan apa saja hal utama saat membaca berita. Inilah penjelasannya.

Pentingnya Ekspresi Ketika Membaca Berita

Pembaca berita tidak cukup memiliki kemampuan menyampaikan informasi secara baik. Namun harus menguasai ekspresi. Sebab mimik wajah bisa meningkatkan suasana.

Ketika disampaikan dengan mimik yang tepat, maka akan terbangun suasana yang terdapat dalam berita. Pendengar pun bisa lebih memahaminya. Pembacaan secara ekspresif juga membuatnya menarik.

Seperti yang terdapat dalam soal. Informasi tersebut menyampaikan sebuah kabar gembira, yakni pelaksanaan Indonesia Menari 2016. Ekspresi paling tepat untuk membangun suasananya adalah bersemangat.

Itulah kenapa jawaban yang benar adalah A. Tidak mungkin jika kabar kebanggaan disampaikan dengan berduka, berempati, maupun bersimpati. Jadi, pilihan lainnya sudah pasti salah.

Ekspresi berduka itu digunakan membaca berita sedih, kematian, maupun tragedi. Begitu pula dengan bersimpati dan empati. Sedangkan kalau ada berita lucu, dibacakan dengan mimik senyum.

Berbagai jenis ekspresi tersebut mempengaruhi berita yang dibawakan. Penonton bisa salah mengartikan kalau antara isi dan mimik tidak sama. Seperti berita gembira dibaca dengan wajah sendu.

Hal Penting dalam Pembacaan Berita

Ekspresi memang perlu dalam membaca berita. Tapi selain itu, ada hal penting lainnya. Mulai dari intonasi, pelafalan, hingga irama. Berikut penjelasannya:

  • Intonasi, yakni pengubahan nada dalam menyampaikan isi berita. Ketika ditunjang dengan ekspresi, ini bisa memberikan perubahan suasana.
  • Pelafalan yaitu mengucapkan teks berdasarkan bunyi yang tepat. Dalam artikulasi juga dapat disertai dengan pemberian penekanan.
  • Irama. Maksudnya yaitu tingkat kecepatan ketika memberikan informasi. Untuk berita formal, dibawakan dengan ekspresi serius, tapi santai. Selain itu tidak terburu-buru dalam menyampaikannya.
  • Volume. Dalam membaca berita harus memperlihatkan keras tidaknya suara dengan melihat lokasi. Jika di ruangan terbuka, bisa lebih meningkatkan suara.

Jadi, jawaban dari ekspresi yang tepat untuk membacakan berita diatas adalah A. Sebab isinya mengenai informasi Indonesia Menari. Sebab itulah disampaikan dengan bersemangat.

Pilihan lainnya kurang tepat karena tidak sesuai isi berita. Informasi gembira tidak dapat dibawakan dengan wajah berduka maupun bersimpati. Karena itu lebih tepat untuk berita sedih maupun bencana.

Tinggalkan komentar