Di Bawah ini Urutan Pengolahan Bahan Serat Alam Adalah?

Pertanyaan seperti di bawah ini urutan pengolahan bahan serat alam adalah, merupakan topik pembahasan dalam pelajaran Seni Budaya. Terutama tentang prakarya untuk SMP kelas VII.

Dalam konteks tersebut, bahan merupakan material yang menjadi dasar pembuatan seni, salah satunya serat alam. Kendati demikian, yang menjadi pertanyaan yaitu seperti apa cara mengolahnya.

Pertanyaan:

Di bawah ini urutan pengolahan bahan serat alam adalah?

a. Pemintalan Benang, Pemberian Warna, Penggulungan Benang, Penenunan Benang menjadi kain.

b. Pemintalan Benang, Penggulungan Benang, Penenunan Benang menjadi kain, Pemberian Warna.

c. Pemintalan Benang, Penggulungan Benang, Pencelupan Warna, Penenunan Benang menjadi kain.

d. Pemintalan Benang, Penenunan Benang menjadi kain, Pencelupan Warna, Penggulungan Benang.‚Äč

Jawaban:

Jawabannya yaitu C. Pemintalan Benang, Penggulungan Benang, Pencelupan Warna, Penenunan Benang menjadi kain. Metode tersebut merupakan proses paling optimal untuk mengolahnya.

Untuk pilihan A. Pemintalan Benang, Pemberian Warna, Penggulungan Benang, Penenunan Benang menjadi kain adalah salah. Sebab, material tersebut perlu digulung dahulu sebelum diwarnai.

Lalu, pilihan B. Pemintalan Benang, Penggulungan Benang, Penenunan Benang menjadi kain, Pemberian Warna juga salah. Hal itu karena bahan tersebut perlu diwarnai dahulu sebelum ditenun.

Terakhir, opsi D. Pemintalan Benang, Penenunan Benang menjadi kain, Pencelupan Warna, Penggulungan Benang salah. Menenun tidak bisa dilakukan apabila sebelum digulung, serta diwarnai terlebih dahulu.

Pembahasan Mengenai Urutan Pemrosesan Bahan Serat dari Alam

Seperti diketahui secara umum, material bahan pembuatan prakarya tentunya perlu diolah dahulu. Salah satunya yaitu bahan serat alam, yang asalnya dari tumbuhan tertentu.

Karena material ini dianggap ideal untuk pembuatan perabotan dan karya lainnya, maka bahan tersebut perlu dikelola. Untuk contohnya yakni sabut kelapa, sebuah material yang terkenal kokoh dan mudah dicari.

Agar dapat membuat prakarya memakai bahan serat alami itu, sabut perlu diolah memakai metode khusus. Begitu juga seperti serat tumbuhan lainnya, yang juga dijadikan helaian benang.

Lalu, bagaimana jalannya proses pengelolaan bahan alami tersebut secara berurut? Untuk penjelasan soal di bawah ini urutan pengolahan bahan serat alam adalah, mari kenali pembuatannya berikut:

1. Pemintalan Benang

Untuk tahapan awal yaitu dengan melakukan pintal dari pemrosesan serat secara masal. Untuk material serat tertentu seperti kapas, akan perlu melakukan proses ginning.

Dalam proses ini, kapas akan dipisah dari bijinya dengan bantuan mesin. Nantinya kapas akan ditampung dalam wadah yang sudah ditentukan, lalu dikeringkan untuk proses pemintalan.

Setelah dipintal, benang akan menjalani beberapa proses seperti pembersihan, pembukuan, serta lainnya. Hasilnya akan diolah menjadi gulungan sesuai poin selanjutnya.

2. Penggulungan Benang

Dalam proses satu ini, hasil pintalan lalu akan dikumpulkan dalam bentuk gulungan, supaya kelak digunakan. Adapun metode untuk melakukannya adalah memakai tangan atau mesin.

Dalam pabrik atau industri, benang umumnya diproses menggunakan mesin supaya dapat memproduksi dengan jumlah besar. Hal ini juga akan mempercepat waktu pengerjaannya.

3. Pencelupan Warna

Selanjutnya, gulungan tersebut akan diberikan pewarna sesuai dengan kebutuhan atau permintaan. Sebelum melakukannya, pastikah dahulu jika campuran warnanya sudah merata.

Setelah dicelup, maka benang akan perlu dijemur supaya hasilnya mengering. Dengan begitu, maka hasilnya sudah siap untuk dipakai dalam prakarya atau produksi objek lainnya.

4. Penenunan Benang Menjadi Kain

Terakhir, material yang telah dikumpulkan serta diberi warna dapat dipakai dalam pengerjaan kain atau pakaian. Menenun dapat dilakukan sendiri atau memakai mesin.

Pada dasarnya, menenun bukanlah suatu skill yang mudah dipelajari orang awam. Sebagai itu, banyak yang belajar secara otodidak mengenai cara melakukan hal tersebut.

Untuk sebagian karya tertentu, hasil produksi juga perlu melewati proses finishing. Tujuannya supaya melindungi permukaan hasil karya, sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Itu dia penjelasan dari soal di bawah ini urutan pengolahan bahan serat alam adalah. Kiranya anak murid dapat memahami tiap poin dari penjelasan yang telah dibahas.

Tinggalkan komentar