Agar terlihat bermuka jahat pemeran antagonis memerlukan jasa

Bagaimana menjawab soal agar terlihat bermuka jahat pemeran antagonis memerlukan jasa? Pada materi Seni Budaya, murid akan menemukan pertanyaan tersebut.

Adapun materi yang dibahas yaitu drama, di mana karakter antagonis diperlukan. Maka dari itu, murid akan perlu dicermati soal dengan baik-baik, sebelum menjawabnya.

Pertanyaan:

Agar terlihat bermuka jahat pemeran antagonis memerlukan jasa?

a. seni tata rias

b. seni tata busana

c. seni lukis

d. seni vokal

e. seni tata lampu

Jawaban:

Jawabannya yaitu A. seni tata rias, karena dengan ini, ekspresi dan watak antagonis dapat diperkuat. Pelbagai riasan wajah dapat diberikan untuk menonjolkan karakter tersebut.

Untuk pilihan B. seni tata busana, jawabannya kurang benar. Kostum tidak selamanya menentukan mimik karakter antagonis. Namun, yang menentukannya adalah ekspresi wajah.

Pada pilihan C. seni lukis, jawabannya tentu salah. Meski merupakan bagian dari Seni Budaya, kesenian ini tidak menyatu dengan pementasan drama dimana antagonis diperlukan.

Lalu, pilihan D. seni vokal juga dianggap tidak benar. Adanya musik pada pementasan antagonis tentu menjadi penilaian plus. Namun, yang ditekankan kali ini yaitu ekspresi wajah.

Terakhir, pilihan E. seni tata lampu juga bukan jawaban yang tepat. Sebab, kategori ini hanya mengatur panggung dimana pertunjukkan dilakukan, sehingga tidak ada kaitannya.

Pembahasan Mengenai Tata Rias

Seperti yang dikenal, memerankan karakter antagonis akan memerlukan beragam persiapan. Mulai dari pendalaman karakter, ekspresi yang digunakan, hingga gaya bicara.

Mengenai mimik dari seorang antagonis, pemeran dapat mengandalkan tata rias. Kegunaan dari penataan ini yaitu untuk memperkuat ekspresi wajah dari peran tersebut.

Berdasarkan KBBI, tata rias merupakan gabungan dari dua kata. Bila digabungkan keduanya, maka artinya yaitu susunan atau tatanan yang digunakan untuk memperelok sesuatu.

Dalam konteks ini, maka tata rias dipakai untuk mempertegas wajah dari pemeran drama. Tergantung dari peran yang diberikan, maka make up yang digunakan juga akan berbeda.

Misalnya, apabila peran yang dimiliki adalah karakter kejam dan tidak kenal ampun. Berdasarkan watak tersebut, maka tata rias yang digunakan umumnya lebih tebal dan gelap.

Singkatnya, agar terlihat bermuka jahat pemeran antagonis memerlukan jasa tersebut. Untuk mengetahui tata rias dalam antagonis, mari simak informasi yang lebih mendalam berikut:

1. Jenis Tata Rias

Seperti yang diketahui, penggunaan dari makeover sangatlah luas. Mulai dari kehidupan sehari-sehari, kebutuhan kerja, hingga dalam pementasan drama.

Dalam akting, ada yang dinamakan dengan tata rias karakterisasi. Kategori ini merangkum make up yang dipakai, untuk merubah serta membentuk sebuah karakter atau peran.

Misalnya, yang memerankan karakter antagonis memiliki raut wajah yang cenderung baik. Dengan tata rias, maka tampilan orang tersebut akan diubah sesuai dengan karakter.

2. Fungsi Tata Rias

Selain membentuk sebuah watak, adanya hal ini juga memiliki fungsi yang beragam dalam pementasan. Berdasarkan kegunaanya, ada beberapa jenis dari tata rias seperti:

  • Merubah identitas dari pemeran sesuai dengan perannya. Misalnya seperti memerankan orang asing, atau tokoh dalam cerita rakyat tertentu.
  • Membuat ilusi mengenai usia dari pemeran. Misalnya, pemeran yang berusia 20 tahun memerankan seorang nenek atau kakek dalam pentas.
  • Menjelaskan kejadian yang sedang dilalui oleh pemeran dalam cerita. Misalnya, saat mengalami musibah, atau sedang terluka di perang.

3. Kemampuan Tata Rias

Meski menata riasan wajah terdengar mudah, namun keahlian ini akan butuh pengalaman yang cukup. Terutama, untuk membentuk sebuah karakter seperti peran antagonis.

Untuk menekankan sebuah karakter, penata rias harus memiliki pengetahuan tentang karakterisasi warna. Selain itu, aplikasi make up perlu melihat anatomi wajah peran.

Dari ketiga poin tersebut, dapat dipastikan jika tata rias sangat diperlukan oleh antagonis. Terutama saat ingin menonjolkan ekspresi wajah yang kejam dan penuh amarah.

Begitulah pembahasan mengenai agar terlihat bermuka jahat pemeran antagonis memerlukan jasa. Kiranya informasi di atas dapat membantu murid untuk mengerjakan soal.

Tinggalkan komentar